Manfaat Petunjuk Arah Jalan

Petunjuk jalan sangat berguna sekali bagi mereka yang tidak mengetahui arah untuk mencapai tujuan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Pada beberapa tempat strategis di jalan kini masih sedikit yang dilengkapi dengan papan petunjuk arah. Bagi anda yangn sedang melintasi suatu daerah yang asing, tentu signage petunjuk arah merupakan hal yang sangat berarti dan berharga.

Singage penunjuk arah adalah merupakan sekelompok tanda yang didesain untuk dapat membantu pengemudi untuk mencari jalan untuk menuju suatu daerah agar tidak tersesat. Pada signage petunjuk arah biasanya terdapat nama tujuan, arah tujuan, dan jarak yang ditempuh menuju tujuan tersebut. Signage ini juga bisa digunakan sebagai rambu lalu lintas sehingga pengemudi bisa lebih berhati – hati dalam mengemudikan kendaraannya.

Penggunaan signage dengan kata – kata lebih mudah dimengerti oleh orang banyak, namun untuk rambu lalu lintas lebih efektif jika menggunakan simbol – simbol tertentu. Dengan adanya rambu pada jalan raya atau jalur utama, maka pengemudi akanmenemukan sebuah panduan, peringatan, petunjuk arah, layanan dan identifikasi dari kondisi jalan yang akan dilewatinya.

Jenis bahan yang digunakan dalam signage ini adalah jenis khusus untuk luar ruangan. Sama halnya dengan huruf timbul yang digunakan untuk promosi yang ditempatkan pada luar ruangan. Penggunaan material yang tepat akan membuat usia dari signage ini menjadi lebih lama. Dudukan untuk memasangkan signage ini pun dibuat kokoh untuk menghadapi kekuatan angin, hujan, atau panas yang sangat terik. Pada tempat tertentu signage dibuat dengan bahan pospor agar dapat memantulkan sinar dan terlihat oleh pengguna jalan, seperti pada daerah yang belum mendapatkan pencahayaan cukup dan rawan akan kecelakaan.

Panduan rambu jalan sangat membantu para pengemudi menemukan sebuah lokasi, seperti halnya mereka di pandu oleh orang yang telah mengetahui betul jalan – jalan yang akan dilewati dan rute yang singkat dalam mencapai tujuan tertentu. Biasanya signage ini terbuah dengan warna dasar hijau dan tulisan berwarna putih. Mereka akan memberikan informasi yang akna membantu pengemudi mengetahui bagaimana caranya untuk mencapai suatu lokasi dengan jarak tempuh yang lebih singkat dan menghemat waktu dan bahan bakar. Namun ada juga signage yang dibuat pada tempat – tempat yang menunjukkan jalan alternatif, apabila pada jalan utama mengalami kemacetan.

Manfaat Petunjuk Arah Jalan

Signage peringatan atau rambu lalu lintas ini membatu pengemudi dengan memberikan peringatan mengenai tata cara berkendara yang baik dan benar. Bukan hanya itu saja, signage ini juga sering digunakan untuk menghindari kemacetan seperti menggunakannya sebagai peringatan dilarang parkir pada jalan – jalan yang dianggap sangat padat. Penggunaan signage ini sangat penting untuk menghindari berbagai macam bahaya kecelakaan kendaraan di jalan raya.

Signage juga ada yang digunakan sebagai jasa untuk menawarkan sesuatu. Sebagai contoh pada jalan tol di pasang signage yang berfungsi untuk menunjukan posisi tempat istirahat dan pengisian bahan bakar atau mini market.

Tanpa signage rambu jalan akan ada masalah kecelakaan yang serius, yang mungkin saja dapat mengancam jiwa anda dan orang lain. Oleh sebab itu kepada setiap pengemudi kendaraan harap mematuhi rambu – rambu jalan yang telah diberikan, demi keselamatan seluruh pengguna jalan yang ada. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *